Selasa, 01 Maret 2011

PENGAPLIKASIAN IPTEK KEDALAM MASYARAKAT

oleh : Mohammad Wafiq Amali
I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pembangunan IPTEK ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa. Pembangunan IPTEK tidak saja penting sebagai sumber pertumbuhan dan daya saing ekonomi, tetapi juga sumber terbentuknya iklim inovasi dan menjadi landasan bagi tumbuhnya kreativitas sumber daya manusia. IPTEK menentukan tingkat efektivitas dan efisiensi proses transformasi sumber daya menjadi sumber daya baru yang lebih bernilai. Terlihat cukup jelas bahwa masa depan pembangunan ekonomi suatu negara semakin banyak bersandar pada inovasi dalam IPTEK. Tanpa kemampuan melakukan strategi komunikasi yang memadai dan didukung informasi ilmiah ke dalam sebuah tahapan pengambilan keputusan, perkembangan suatu negara di masa depan dapat terhambat.
IPTEK memegang peranan penting bagi negara-negara berkembang dalam proses peningkatan standar hidup, kesejahteraan, dan melindungi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati. Negara-negara berkembang menghadapi berbagai tantangan jangka pendek dan jangka panjang.
B. Rumusan Masalah
Dalam makalah ini kami akan mengkaji tentang:
1. Apakah jenis-jenis komunikasi ?
2. Apakah Dampak dari komunikasi itu ?
3. Bagaimanakah Penerapan tekhnik komunikasi dalam kehidupan sehari-hari ?


C. Manfaat
Dengan mengkaji permasalahan iptek terutama pada bidang tekhnik komunikasi kita dapat mengetahui manfaat bagi kita tentang bagaimana menggunakan tekhnologi iptek terutama komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan (tidak berlebihan dan menyalahi aturan). Di sisi lain tekhnik komunikasi pun mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia diantaranya yang akan kita paparkan dibawah tentang tekhnologi komunikasi yang berupa internet dan telpon.
Perkembangan internet dan telpon sekarang ini makin pesat dan merakyat seperti halnya internet dari golongan anak, remaja, sampai orang tua semua mengerti dan menggunakan internet begitu juga dengan telpon yang hampir semua orang menggunakan dan mempunyai tekhnologi tersebut.
II. KAJIAN TEORI
Iptek dapat diartikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kualitas kemajuan dan perkembangan sumber daya manusia dalam suatu Negara. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan sumber daya manusia yang pesat membuat Iptek itu juga ikut berkembang menjadi lebih canggih dan pesat pula. Dalam kehidupan didunia ini tidak akan lepas dari sesuatu yang dinamakan Iptek. Karena Iptek itu tidak akan ada kerena adanya kebutuhan dari manusia itu sendiri.
Dalam Iptek ada beberapa tekhnik seperti halnya tekhnik komunikasi dan tekhnik pangan. Dan yang akan di kaji dalam makalah ini tentang tekhnik komunikasi. Karena problem dalam kehidupan sekarang tidak akan lepas dari komunikasi itu sendiri.
III. PEMBAHASAN
A. Jenis-jenis Komunikasi
Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang mempunyai arti berbagi atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melakukan aktifitas komunikasi tersebut.
Menurut Frank E.X. Dance dalam bukunya Human Communication Theory terdapat 126 buah definisi tentang komunikasi yang diberikan oleh beberapa ahli dan dalam buku Sasa Djuarsa Sendjaja Pengantar Ilmu Komunikasi dijabarkan tujuh buah definisi yang dapat mewakili sudut pandang dan konteks pengertian komunikasi. Diantara Definisi-definisi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). (Hovland, Janis & Kelley:1953)
2. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. (Berelson dan Stainer, 1964)
3. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. (Gode, 1959)
4. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. (Barnlund, 1964)
5. Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. (Ruesch, 1957)
6. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. (Weaver, 1949).
Dari beberapa definisi-definisi komunikasi itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.


Terdapat beberapa jenis-jenis komunikasi yaitu:
1. Komunikasi verbal adalah proses komuniksi dimana pesan disampaikan dengan menggunakan kata-kata.
2. Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata.

B. Dampak
1. Dampak negative
Tekhnologi komunikasi yang makin baik makin mempercepat meluasnya permasalahan yang dapat membangkitkan solidaritas sosial yang membabi buta. Entah solidaritas karena agama, ras atau suku bangsa atau yang lain yang menyebabkan terjadinya adu senjata atau kerusuhan yang terjadi terus menerus berlangsung tidak henti-hentinya. Selain itu Negara-negara dapat saja menyalah gunakan tekhnologi yang dimilikinya untuk maksud-maksud yang tidak terpuji.
2. Dampak positif
Dengan tekhnologi komunikasi orang dapat berbicara dengan lawan bicaranya dan juga langsung dapat melihat wajah lawan bicara tersebut. Dengan tekhnologi komunikasi yang berkembang pesat segala informasi dapat segera disampaikan keseluruh penjuru dunia. 

C. Penerapan tekhnik komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
1. Internet
Di zaman sekarang, dengan mudahnya masyarakat bisa mendapatkan layanan internet. Banyak penyedia layanan Internet menawarkan layanan mereka dengan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Warung Internet ( warnet ) pun sudah semakin banyak didirikan. Semua itu dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakt akan jasa layanan internet.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dari Internet. Kita dapat memproleh informasi tentang segala sesuatu yang kita inginkan melalui Internet. Dengan Internet, kita dapat memperoleh perkemangan berita lebih cepat, informasi lowongan kerja, informasi teknologi terbaru, untuk tukar pendapat dengan orang lain, untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara yang jauh jaraknya, dan lain sebagainya.
Secara umum, manfaat Internet bagi mayarakat yaitu dapat menambah wawasan masyarakat tentang perkembangan Informasi dunia luar.
2. Telpon
Manfaat Telepon adalah untuk berkomunikasi. Karena kemajuan teknologi sekarang kita dapat berhubungan dengan semua orang tanpa adanya gangguan dan salah satu alat untuk berhubungan adalah telepon. Telepon adalah alat komunikasi yang sudah banyak dipakai oleh semua orang didunia. Karena tarif yang dikeluarkan telepon lebih murah dibandingkan alat komunikasi lainya.

IV. PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari Pembahasan Diatas Dapat Disimpulkan bahwa komunikasi adalah suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan. Adapun jenis-jenis komunikasi ada 2 yaitu Komunikasi Verbal dan Nonverbal, dan dalam komunikasi tersebut terdapat dampak positif dan negatifnya. Dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian media komunikasi itu seperti halnya Internet dan telpon.
B. Penutup
Demikian makalah ini kami susun, kami menyadari tentunya dalam penyusunan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, dan masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan guna perbaikan makalah yang akan datang. Semoga dibalik segala kekurangan yang ada, makalah ini dapat memberikan perubahan dalam penyusunan makalah yang akan datang. Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin...

V. REFRENSI
http://indonesianmuslim.com/pemahaman-masyarakat-terhadap-ilmu-pengetahuan-dan-teknologi.html.
http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/
http://www.libiru.com/internet/214-manfaat-internet
http://mikael-dontgiveup.blogspot.com/2009/08/manfaat-telepon.html
Purnama, Heri. Ilmu Alamiyah Dasar. Jakarta: Rineka cipta, 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar