Rabu, 02 Maret 2011

UN Tahun Ini Jadi Ujian Kepercayaan


Wonogiri, CyberNews. Ujian Nasional (UN) tahun 2011 ini, akan menjadi era pelaksanaan ujian yang menitikberatkan pada aspek kepercayaan. Kalau UN dulu sebagai ujian kejujuran, untuk UN tahun ini dititikberatkan pada aspek kepercayaan. Pelaksanaannya, akan ditandai dengan adanya beberapa perubahan yang cukup signifikan.
UN tahun lalu ada ujian ulang dan melibatkan kesertaan Tim Pemantau Independen (TPI). Tapi untuk tahun 2011 ini, tidak ada ujian ulang dan tidak ada TPI. "Peran nilai UN, nanti hanya akan menjadi sub-komponen penentu bagi kelulusan siswa," tegas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri Drs Suparno MPd.
Nilai perolehan UN, tambahnya, tidak lagi menjadi penentu secara mutlak bagi kelulusan siswa. Pasalnya, perolehan nilai UN masih akan dipadukan dengan perolehan nilai ujian sekolah (US), bersama nilai raport siswa selama tiga smester terakhir.
Dengan demikian, dalam UN tahun 2011 ini, tidak lagi ada diskriminasi perlakuan terhadap mapel yang di-UN-kan maupun yang di-US-kan. "Semua mapel memiliki bobot yang sama pentingnya, dan tidak boleh diremehkan atau dianggap remeh," tandas Suparno.
Kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan ujian, diserukan untuk senantiasa komit terhadap prinsip-prinsip kelulusan dengan memperhatikan proses pembelajaran semua mapel.
Taraf Ujian Nasional
Lebih lanjut Suparno menyatakan, semua mata pelajaran (mapel) yang di-UN-kan nantinya juga akan di-US-kan. Bahkan mapel agama, akan di-US-kan dengan taraf ujian nasional. Yang materinya 25 persen dari pusat, dan 75 persen dibuat oleh kabupaten/kota masing-masing.
Khusus untuk para murid SMK, kepadanya akan menjalani ujian kompetensi kejuruan (UKK) sesuai dengan jurusan yang selama ini mereka tempuh. Pelaksanaan UKK, dijadwalkan akan digelar tanggal 15 Maret 2011. Kemudian ujian praktiknya dilaksanakan 16 Maret 2011.
Jadwal UN untuk SD/MI akan dilaksanakan tanggal 10 sampai 12 Mei 2011, SMP/MTs tanggal 25 sampai 28 April 2011, SMA/MA dari tanggal 18 sampai 21 April 2011 dan SMK tanggal 18 sampai 20 April 2011. Ujian sekolah, dilaksanakan sebelum pelaksanaan UN.
Di Kabupaten Wonogiri, jumlah peserta ujian untuk SD sebanyak 16.965 anak, SMP/MTs 14.606 siswa, SMA/MA 3.262 murid, dan SMK sebanyak 5.301 pelajar. ''Total murid yang akan ujian tahun ini mencapai 40.134 anak,'' tegas Suparno.
Mengingat pelaksanaan UN tahun 2011 ini memiliki nuansa yang berbeda dengan pelaksaan UN tahun sebelumnya, Disdik Wonogiri telah melakukan berbagai langkah persiapan, termasuk menyiapkan regulasi dan menggelar sosialisasi kepada semua jajaran terkait.
Yakni kepada para kepala sekolah (kasek), pengawas pendidikan, dan semua Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) se Kabupaten Wonogiri. "Dengan harapan, sosialisasi ini akan ditindaklanjuti oleh sekolah ke semua siswa dan orang tua murid," tandasnya.
( Bambang Purnomo / CN26 / JBSM )

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/01/29/76628/UN-Tahun-Ini-Jadi-Ujian-Kepercayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar