Jumat, 04 Maret 2011

Musik Hilangkan Rasa Sakit


image
MUSIK memiliki hubungan erat dengan struktur neurologis otak dan sistem kerja biologis tubuh manusia, demikian disampaikan Clive Robbins,DDM, pendiri Nordoff-Robbins Center for Music Therapy di New York University.
Menurut Robbins, menikmati musik kesukaan tidak hanya akan mengembalikan romantisme masa lalu, melainkan juga dapat menghilangkan rasa sakit.
Pada level non verbal, musik mengaktifkan pikiran yang memancing ketertarikan diikuti dengan adanya pengaruh pada fungsi-fungsi tubuh. Pada level tinggi, musik dapat mengatur ritme tubuh agar berjalan sempurna. Tempo, ritme, melodi, dan harmoni musik menstimulasi kerja otak secara komprehensif.
Penelitian Colorado State University pun menemukan fakta, terapi musik dapat menstabilkan pengidap stroke dan parkinson.
Michael H.Thaut, PhD, direktur Center for Biomedical Research in Music menjelaskan, ritme memiliki kekuatan penuh untuk mengorganisasi kemampuan motorik kita. “Metronom membantu sinkronisasi reflek motorik kita dengan cepat.”
Ada baiknya membiasakan mendengarkan musik saat senggang. Hal ini bisa membuat pikiran dan tubuh lebih rileks juga mengembalikan energi. Mendengarkan musik secara teratur di saat yang tepat mampu menghilangkan depresi serta mengurangi risiko timbulnya kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar