Jumat, 04 Maret 2011

Ford Fiesta, Mobil Pertama Tahan Benturan


Jumat, 4 Maret 2011 | 11:00
Ford Fiesta Ford Fiesta


[JAKARTA] Ford Fiesta merupakan mobil pertama di segmennya yang mendapatkan peringkat uji ketahanan benturan teratas di setiap pasar otomotif terbesar dunia yang menyelenggarakan pengujian keamanan, yaitu Amerika Serikat, Tiongkok, dan Eropa.

“Ford berkomitmen terhadap keselamatan, termasuk upaya kami mendapatkan peringkat uji ketahanan benturan tertinggi yang dicari konsumen saat memilih kendaraan baru,” kata Sue Cischke, Group Vice President, Sustainability, Environment and Safety, Ford Motor Company, dalam siaran persnya, Jumat (4/3) pagi.

Sue mengatakan, Fiesta adalah contoh terkini dari komitmen terhadap keselamatan dan menunjukkan bahwa mobil kecil yang hemat bahan bakar bisa memberikan tingkat keamanan teratas.

Badan pengujian di Amerika Serikat, Tiongkok, Eropa, Australia dan Selandia Baru menempatkan Ford Fiesta di posisi teratas untuk peringkat uji ketahanan benturan. Peringkat keamanan bintang lima tertinggi yang terbaru didapatkan Fiesta diberikan oleh China Automotive Technology and Research Center berdasarkan China New Car Assessment Program, atau C-NCAP. Peringkat ini didapatkan menyusul peringkat bintang lima dari Eropa dan Australia/Selandia Baru.

Ford Fiesta 2011, mobil satu-satunya di segmennya yang mendapatkan Top Safety Pick dari Insurance Institute for Highway Safety Amerika Serikat berdasarkan standar uji baru, terus mendapatkan penghargaan di pasar-pasar global utama untuk peringkat dan performa keamanannya dalam pengujian pihak ketiga yang independen.

Popularitas global
Peringkat yang mengesankan ini ikut mendorong momentum penjualan global Fiesta. Penjualan Ford Fiesta generasi terbaru di Eropa mencapai 1 juta pada bulan lalu. Tonggak prestasi ini tercapai hanya dalam 28 bulan setelah mobil kecil yang populer ini tersedia untuk dijual di dealer Ford di seluruh Eropa. Fiesta telah menjadi mobil kecil terlaris di Eropa selama dua tahun terakhir.

Di Amerika Serikat, Fiesta menarik pelanggan baru, termasuk konsumen di pasar California yang merupakan pelopor tren. Pada tahun 2010, Fiesta memainkan peran utama dalam membantu Ford mencapai pangsa ritel tertingginya di California sejak 2006. Los Angeles terus menjadi wilayah terlaris bagi mobil terkecil Ford ini.

Sementara itu, di balik eksterior Fiesta yang bergaya terdapat struktur yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi yang disusun untuk menjaga kualitas sekaligus meningkatkan keamanan pengendara dan penumpang. Lebih dari 55 persen struktur bodi Fiesta terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi, dan penggunaan luas baja boron yang ringan dan berkekuatan tinggi membantu melindungi zona aman penting pengguna kendaraan.

Fiesta menyediakan airbag pelindung lutut pengendara eksklusif di segmennya, yang dikembangkan untuk membantu mengurangi cedera kaki bagian bawah saat terjadi benturan dari depan yang bekerja sama dengan fitur keamanan lain. Airbag pelindung lutut ini disediakan bersama serangkaian fitur keamanan Fiesta yang mencakup airbag dua tahap di bagian depan, airbag penahan benturan dari samping dan curtain samping pada bagian samping kendaraan.

Sensor Passenger Occupant Detection System (PODS) yang "pintar" menentukan bobot dan status sabuk pengaman pengguna kendaraan untuk mengoptimalkan daya pengaktifan. Fiesta juga menyajikan sensor pintar eksklusif di kelasnya yang menggunakan denyut tekanan dari benturan samping untuk mengaktifkan airbag sampai 30 persen lebih cepat daripada airbag tradisional yang menggunakan sensor berbasis akselerasi. [E-8]

http://www.suarapembaruan.com/home/ford-fiesta-mobil-pertama-tahan-benturan/4243

1 komentar: