Rabu, 02 Maret 2011

UAS Ikut Tentukan Kelulusan, Raport Rawan Diganti



Rembang, Cybernews. Penentuan kelulusan Ujian Nasional (UN) 2011 akan menggunakan sistem penilaian terpadu. Yaitu penentuan kelulusan bertumpu pada nilai UN dan hasil Ujian Akhir Sekolah (UAS). Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Rembang, Nur Rohman Spd meminta Diknas melakukan pengawasan terhadap raport UAS siswa di sekolah-sekolah.
"Jangan sampai untuk mengejar kelulusan, raport hasil UAS siswa diganti. Diknas sebenarnya bisa mengambil langkah pengamanan dengan menarik rapor agar tidak diganti oleh pihak sekolah," jelas dia.
Dia mengaku, saat ini banyak sekali rumor dan dugaan sekolah menganti rapor siswa untuk mengantisipasi kelulusan  tahun 2011. "Guru saat saling bertemu bahkan punya seloroh khusus saat saling sapa, donya po akhirat (dunia atau akhirat, red). Donya maksudnya menganti raport demi meluluskan siswa. Dan akhirat untuk sekolah yang tak mau menganti raport siswa untuk kelulusan," kata guru SMK Negeri Sedan ini.
Kepala Diknas menegaskan, kemungkinan adanya kecurangan yang dilakukan sekolah dengan 'mengganti' nilai siswa yang tertera dalam rapor seperti itu kecil. "Guru sebagai pendidik diikat oleh kode etik, sehingga tindakan seperti itu kemungkinan kecil untuk terjadi," katanya.
Dia menambahkan sesuai rencana, pelaksanaan UN secara nasional akan digelar pada tanggal 18 hingga 21 April 2011 untuk tingkat SMA dan sederajat, SMP pada tanggal 25 hingga 29 April, sedangkan ujian untuk SD pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2011.
( Mulyanto Ari Wibowo / CN27 / JBSM )

 http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/02/06/77247/UAS-Ikut-Tentukan-Kelulusan-Raport-Rawan-Diganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar