Jumat, 04 Maret 2011

Jet-Jet Tempur Kadhafi Bombardir Kota Brega


Kamis, 3 Maret 2011 | 17:03
Jet Tempur Angkatan Udara Libia. (Google) Jet Tempur Angkatan Udara Libia. (Google)


[BREGA] Jet-jet tempur Libia membombardir Kota Brega pada Kamis (3/3) setelah terjadi pertempuran antara kelompok pemberontak dengan pasukan yang loyal kepada Moamer Kadhafi hingga menewaskan 12 orang. Pada saat yang sama penguasa Libia, Moamer Kadhafi meminta negara-negara barat untuk tidak memasuki Libia.

Menyusul pertempuran itu ribuan orang mengungsi ke negara-negara tetangga untuk menghindari kekerasan yang terjadi di negara kaya minyak itu.

Seorang pejabat militer Belanda mengatakan, tiga orang tentara Belanda dipenjara pada akhir pekan lalu oleh orang bersenjata ketika melakukan operasi menyelamatkan warga sipil dari revolusi yang terjadi di Libia.

Sementara dunia internasional berupaya melakukan aksi untuk segera menghentikan tindakan bejat Kadhafi yang menggunakan pesawat tempur untuk berperang melawan rakyatnya sendiri dan untuk melindungi para pengungsi yang hendak melarikan diri. Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya sudah berbicara untuk memberlakukan zona bebas terbang di atas Libia.

Kamis (3/3) pagi, kelompok bersenjata oposisi menguasai kota di Pantai Mediterania yaitu Kota Brega yang terletak 200 kilometer dari Kota Benghazi yang menjadi kota utama di Libia Timur dan menjadi kota terbesar kedua di Libia. Kelompok oposisi mempersiapkan senjata anti pesawat karena ada laporan ada serangan udara terbaru dari pasukan Kadhafi.

“Pasukan Kadhafi sedang mempersiapkan serangan lagi pada hari ini. Jadi semakin banyak pasukan dari Ajdabiya sudah bergerak ke Brega untuk ikut berperang,” kata Mahmoud Al-Fakhri yang menjaga pos pemeriksaan di pintu keluar Ajdabiya.

Fattah al-Moghrabi, Direktur Pengadaan di Rumah Sakit Brega mengatakan, pesawat-pesawat tempur sejak Kamis (3/3) pagi menjatuhkan bom di tempat-tempat antara perusahan minyak dan tempat-tempat hunian warga Brega.

Pasukan pro Kadhafi dengan senjata berat menyerang Kota Brega sejak Rabu (2/3). Ini adalah serangan terbesar mereka sejak meningkatnya aksi menentang Kadhafi yang sudah berkuasa 41 tahun pada 15 Februari di Libia Timur.

Meski ada serangan udara dari pasukan pro Kadhafi, pasukan pemberontak mampu memukul mundur pasukan Kadhafi keluar kota dan mereka merayakan kemenangan itu, meskipun mereka menjadi sasaran tembak jet-jet tempur pasukan Kadhafi.

Sementara di Kota Ajdabiya, pada Kamis (3/3) sebuah kelompok lain mempersiapkan peluru kendali anti pesawat yang penuh dengan amunisi. “Kami siap dan kami sangat senang mendukung,” kata Driss Abheh Adul Wahab saat dia sedang mengawasi amunuisi-amunisi yang sedang dimasukan ke senjata itu. [AFP/A-21]

http://www.suarapembaruan.com/home/jet-jet-tempur-kadhafi-bombardir-kota-brega/4222

Tidak ada komentar:

Posting Komentar