Jumat, 04 Maret 2011

5 Mahasiswa Indonesia Konferensi di Dubai

4 Maret 2011, Didukung Beasiswa Unggulan Kemendiknas 
Semarang, CyberNews. Sejumlah 5 mahasiswa berprestasi dari perguruan tinggi yang berbeda,  mewakili Indonesia dalam Konferensi Pelajar Internasional dua tahunan bertajuk Education Without Border (EWB) di Dubai, yang akan dilaksanakan Minggu-Kamis (27-31/3) mendatang.
EWB merupakan konferensi bergengsi yang diselenggarakan oleh Higher College of Technology Uni Emirat Arab sejak tahun 2001 dengan tema berbeda-beda, tetapi tetap menyangkut topik pendidikan, sosial, kewirausahaan, dan politik dalam  konteks global.
Dalam tiap pelaksanaannya, para tokoh penting dunia selalu hadir sebagai pembicara. Masing-masing peserta diharuskan membuatpaper berbahasa Inggris yang kreatif sesuai tema konferensi saat itu. Tema tahun ini ialah "Innovative Solutions to Global Challenges".
Kelima mahasiswa itu adalah Dede Supriatna (Institut Pertanian Bogor), Agung S Wibowo (Universitas Paramadina), Asma Omar (Universias Al Azhar Indonesia), Edwinnata (Universias Al Azhar Indonesia), dan Sri Hindriyastuti (Universitas Diponegoro).
Perwakilan dari Undip, membuat paper berjudul "Enhancing Students Participation in Disaster Preparedness (Trauma Healing Program) for the Victim of Disaster to Minimize a Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Syndrome".
Dalam konferensi, para pelajar didaulat menyampaikan ide secara tulisan dan lisan serta membangun jaringan internasional. "Diskusi dan debat nantinya melahirkan ide untuk solusi permasalahan global serta menjalin persaudaraan antarmahasiswa sedunia," kata salah seorang calon peserta EWB dari Undip, Sri Hindriyastuti.
Selama acara, imbuhnya, seluruh peserta konferensi mendapat akomodasi sebatas hotel dan fasilitas acara oleh panitia EWB.
"Sementara untuk biaya lain seperti pengurusan fiskal, visa, dan pesawat, mereka mendapat bantuan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) melalui program beasiswa Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri," tandasnya.
Beasiswa itu memang diperuntukkan bagi pelajar Indonesia yang mengalami masalah finansial untuk berprestasi dan berkompetisi di lingkup Internasional.
Hingga kini, ada 60 program studi negeri maupun swasta yang dilibatkan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negri Kemendiknas untuk mengelola beasiswa unggulan.
EWB 2011 akan diikuti oleh 1000 mahasiswa S1 dan S2 yang berasal dari 130 negara. Ada 35 presentasi mahasiswa seputar pendidikan, ekonomi, ilmu pengetahuan, media, dan kebijakan. Pembicara internasional yang hadir diantaranya, Irina Bokova (Director General UNESCO, dari Bulgaria), Albert Fert (Nobel Laureate Physics 2007, France), Marsha Ivins (Astronaut Ret, USA).
( Hadziq Jauhary / CN19 )

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/03/04/79362/5-Mahasiswa-Indonesia-Konferensi-di-Dubai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar