Minggu, 01 Desember 2013

Lima Kunci Jadi Pengusaha Sukses



Tentunya, banyak dari Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri. Banyak sekali ide dan peluang yang bisa Anda manfaatkan. Tetapi, untuk mulai berbisnis tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang Anda harus taklukan.

Berikut adalah tips sukses berbisnis yang dapat Anda terapkan:
 
1. Jangan takut rugi

Pasti semua orang takut memulai bisnis karena mereka takut rugi, uang yang mereka dapatkan belum pasti jumlahnya. Berbeda dengan bekerja di kantor yang memiliki gaji yang pasti diterima setiap bulan dengan jumlah yang sudah diketahui.

Ketakutan itulah yang membuat sebagian orang mundur dan mengurungkan niat mereka menjadi pengusaha. Semua bisnis pasti mengalami kerugian, terutama di awal merintis. Ingatlah bahwa tidak ada satu pun bisnis yang selalu untung, pasti selalu terdapat untung dan rugi dalam berbisnis.
Oleh karena itu, pahamilah bahwa semua pengusaha sukses berawal dari keberanian mereka dalam mengambil risiko merugi hingga mereka mendapatkan suatu keuntungan.

 
2. Pelajari minat Anda

Bisnis apapun itu, haruslah bisnis yang sesuai dengan minat Anda sehingga Anda memiliki semangat dan kemampuan yang lebih dalam menjalankannya. Misalnya saja Anda menyukai teknologi, bisnis jual beli handphone atau komputer dapat menjadi pilihan Anda.

Minat Anda adalah passion yang dapat membuat Anda bahagia ketika Anda melakukannya. Bahkan saat Anda mengalami masa-masa sulit atau bahkan mengalami kerugian, Anda memiliki kekuatan lebih untuk bertahan karena Anda mencintai apa yang Anda kerjakan dan ingin terus melakukannya.
 
3. Temukan peluang

Menemukan peluang dalam hal ini adalah menjadi peka terhadap apa yang menjadi permintaan masyarakat dalam suatu lingkungan. Misalnya saja akan dibangun sebuah gedung sekolah baru, maka peluang yang muncul adalah membuat usaha jasa fotokopi, warung makan atau toko buku. Dalam menemukan peluang dan ide bisnis, diperlukan kepekaan dan insting yang tinggi.
 

4. Lakukan studi kelayakan bisnis
Perencanaan dan studi kelayakan bisnis perlu Anda rencanakan karena hal tersebut merupakan pondasi awal yang menentukan kuat atau tidaknya bisnis Anda di kemudian hari.

Apa yang perlu Anda pertimbangkan adalah pertanyaan seputar : Apa, dimana, kapan dan bagaimana usaha Anda akan dijalankan. Pertanyaan tersebut perlu dicari tahu jawabannya. Mungkin Anda memiliki beberapa pilihan usaha yang ingin dijalankan.
Buatlah kerangka bisnis Anda, prediksi pengeluaran dan pemasukan yang bisa Anda raih dari masing-masing pilihan bisnis dan pilihlah yang paling tinggi keuntungannya serta paling cepat pengembalian modalnya.
 
5. Jangan putus asa

Tidak mudah putus asa adalah kunci sukses berbisnis. Mengapa? Karena membangun sebuah bisnis pasti sangatlah sulit bahkan kadang merugi di masa awal perintisan.

Semua bisnis besar adalah bisnis yang berhasil melalui masa-masa gelap mereka. Kegigihan para pebisnis membawa bisnis tersebut pada masa kejayaan. Oleh karena itu, tempalah semangat Anda dan kuatkan mental Anda sehingga Anda jadi manusia yang tidak mudah menyerah. (as/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar