Rabu, 29 Juni 2011

Islam dan Ilmu Pengetahuan


oleh :
MOHAMMAD WAFIQ AMALI

Islam merupakan suatu aturan yang di bawa oleh nabii muhammad yang disampaikan oleh malaikat jibril dan berasal dari allah. Dan Rasulullah pernah mengisyaratkan kepada umatnya bahwa derajat manusia adalah yang palin tinggi diantara makhluk lain yang ada di bumi ini. Untuk itu, tidak selayaknya manusia menyalahgunakan akal dan fikirannya untuk hal-hal yang merusak atau merugikan diri sendiri ataupun orang lain.
Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan, Al-Quran menganjurkan manusia agar menggunakan akalnya sehingga bertambah keimanannya dan maju dalam kehidupannya. Tidak ada pertentangan antara Al-Quran dan ilmu pengetahuan, bahkan penemuan-penemuan baru memperkuat kemu’jizatan Al-Quran.
pentingnya pengetahuan bagi manusia, sseperti yang tersirat dalam Surat Al-‘Alaq 1-5 yang berisi seruan untuk membaca. Hal tersebut dapat dijadikan dasar, bahwa dengan baca, baca, dan baca tentulah kita dapat pengetahuan atau informasi-informasi yang nantinya pasti berguna bagi kita. Karena pengetahuanlah yang membuat kita bisa tahu apa yang awalnya belum kita tahu. Jadi membaca sangatlah di perluakan dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Sehingga Islam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada akal manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, selama tidak bertentangan dengan syari’at.
Allah menganjurkan Manusia melalui Islam supaya berpikir dan merenungkan kekuasaan serta memperhatikan alam ciptaan-Nya. Karena berpikir adalah merupakan salah satu dari fungsinya akal yang dimiliki oleh manusia. Jika akal tidak berfungsi, maka manusia telah kehilangan milik satu-satunya yang menjadikannya makhluk terbaik dan tidak dapat lagi berperan dalam kehidupan sebagai khalifah di bumi.
Dengan begitu Islam sebagai ilmu pengetahuan dapat dimaknai bahwa Islam yang merupakan agama terakhir pembawa kitab suci berupa Al-Qur`an Al-karim adalah sumber ilmu pengetahuan itu sendiri.
Karena inti dari ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang dapat dikaji, dipelajari dan dirumuskan. Islam dalam hal ini memberikan ruang gerak dalam hal tersebut terutama dalam mengkaji Al-Qur`an dan Hadits, sehingga dengannya ilmu pengetahuan dapat terus berkembang dan maju.
Dengan mempelajari dan mengkaji sumber-sumber hukum dan hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam akan didapatkanlah suatu ilmu pengetahuan baru, karena Islam tidak hanya melulu membahas tentang ketuhanan tetapi juga tentang kebudayaan, tingkah laku, muamalah dan tatacara-tatacara hidup lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar