Kecerdasan emosional atau yang biasa
dikenal dengan EQ (bahasa Inggris: emotional quotient) adalah kemampuan
seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi
dirinya dan oranglain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada
perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan, kecerdasan
(intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang valid
akan suatu hubungan.
Kecerdasan emosional (EQ) belakangan ini dinilai tidak kalah penting
dengan kecerdasan intelektual (IQ). Sebuah penelitian mengungkapkan
bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan
intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.
Sejarah
Akar awal kecerdasan emosional dapat ditelusuri ke Charles Darwin pekerjaan 's tentang pentingnya ekspresi emosional untuk kelangsungan hidup dan, kedua, adaptasi. Pada 1900-an, meskipun definisi tradisional intelijen menekankan aspek kognitif seperti memori dan masalah pemecahan, beberapa peneliti berpengaruh di bidang intelijen studi telah mulai mengakui pentingnya non-kognitif aspek. Misalnya, pada awal 1920, EL Thorndike menggunakan istilah kecerdasan sosial untuk menjelaskan keahlian memahami dan mengelola orang lain.
Akar awal kecerdasan emosional dapat ditelusuri ke Charles Darwin pekerjaan 's tentang pentingnya ekspresi emosional untuk kelangsungan hidup dan, kedua, adaptasi. Pada 1900-an, meskipun definisi tradisional intelijen menekankan aspek kognitif seperti memori dan masalah pemecahan, beberapa peneliti berpengaruh di bidang intelijen studi telah mulai mengakui pentingnya non-kognitif aspek. Misalnya, pada awal 1920, EL Thorndike menggunakan istilah kecerdasan sosial untuk menjelaskan keahlian memahami dan mengelola orang lain.
Demikian pula, pada tahun 1940 David
Wechsler menggambarkan pengaruh non-faktor intellective pada perilaku
cerdas, dan lebih jauh berpendapat bahwa model kecerdasan kita tidak
akan lengkap sampai kita cukup bisa menggambarkan faktor. Pada tahun
1983, Howard Gardner 's Frames Pikiran: Teori Multiple Intelligences
memperkenalkan gagasan kecerdasan ganda yang termasuk baik kecerdasan
interpersonal (kemampuan untuk memahami niat, motivasi dan keinginan
orang lain) dan kecerdasan intrapersonal (kemampuan untuk memahami diri
sendiri, untuk menghargai perasaan seseorang , ketakutan dan motivasi).
Dalam pandangan Gardner, jenis tradisional kecerdasan, seperti IQ ,
gagal untuk sepenuhnya menjelaskan kemampuan kognitif. Dengan demikian,
meskipun nama-nama yang diberikan kepada konsep bervariasi, ada
kepercayaan umum bahwa definisi tradisional kecerdasan yang kurang dalam
kemampuan untuk sepenuhnya menjelaskan hasil kinerja.
Penggunaan pertama dari "kecerdasan emosional" Istilah biasanya dihubungkan dengan Wayne Payne tesis doktor , Sebuah Studi Emosi:. Mengembangkan Kecerdasan Emosional dari tahun 1985 [6] Namun, sebelum ini, "kecerdasan emosional" Istilah itu muncul di Leuner ( 1966). Stanley Greenspan (1989) juga mengajukan sebuah model EI, diikuti oleh Salovey dan Mayer (1990), dan Daniel Goleman (1995). Perbedaan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan sifat kemampuan emosional diperkenalkan pada tahun 2000.
Five Factor Model (FFM) personality traits
Dalam psikologi , Lima Besar kepribadian sesorang adalah lima domain luas atau dimensi kepribadian yang digunakan untuk menggambarkan kepribadian manusia. Teori didasarkan pada lima faktor Big disebut Model Lima Faktor (FFM) meliputi :
- Keterbukaan (Openness) terhadap Pengalaman - (inventif / penasaran vs konsisten / hati-hati). Penghargaan seni, emosi petualangan,, ide-ide yang tidak biasa, rasa ingin tahu , dan berbagai pengalaman. Keterbukaan mencerminkan tingkat keingintahuan intelektual, kreativitas dan preferensi untuk kebaruan dan variasi. Beberapa ketidaksetujuan tetap tentang bagaimana menafsirkan faktor keterbukaan, yang kadang-kadang disebut "intelek" ketimbang keterbukaan terhadap pengalaman.
- Kesadaran (Conscientiousness)- (efisien / terorganisir vs easy-going/careless). Sebuah kecenderungan untuk menunjukkan disiplin diri , bertindak patuh , dan bertujuan untuk pencapaian, direncanakan daripada perilaku spontan, terorganisir, dan bisa diandalkan.
- Extraversion (Extraversion) (keluar / energik vs soliter / reserved). Energi, emosi positif, surgency , ketegasan, sosialisasi, dan kecenderungan untuk mencari stimulasi di perusahaan orang lain, dan banyak bicara.
- Keramahan (Agreeableness) (ramah / penyayang vs dingin / tidak baik). Kecenderungan untuk menjadi welas asih dan kooperatif ketimbang mencurigakan dan antagonis terhadap orang lain.
- Neurotisisme (Neuroticism) (sensitif / gugup vs aman / percaya diri). Kecenderungan untuk mengalami emosi yang tidak menyenangkan dengan mudah, seperti kemarahan , kecemasan , depresi, atau kerentanan . Neurotisisme juga mengacu pada tingkat kestabilan emosi dan kontrol impuls, dan kadang-kadang disebut oleh tiang rendah - "kestabilan emosi".
Menurut Howard Gardner (1983) terdapat lima pokok utama dari kecerdasan emosional seseorang, yakni
- mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri
- memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain
- mampu merespon dan bernegosiasi dengan orang lain secara emosional
- dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri
Orang yang ber-EQ tinggi akan berupaya menciptakan keseimbangan dalam dirinya; bisa mengusahakan kebahagian dari dalam dirinya sendiri dan bisa mengubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat.
Pengukuran Kompetensi Emosional
EI Kemampuan biasanya diukur menggunakan tes kinerja maksimum dan memiliki hubungan yang kuat dengan kecerdasan tradisional, sedangkan EI sifat biasanya diukur dengan menggunakan kuesioner laporan diri dan memiliki hubungan yang kuat dengan kepribadian.
Dua alat pengukuran didasarkan pada model Goleman:
- Inventory Emotional Kompetensi (ECI), yang diciptakan pada tahun 1999, dan Inventarisasi Kompetensi Emosional dan Sosial (ESCI), yang diciptakan pada tahun 2007.
- The Appraisal Kecerdasan Emosional, yang diciptakan pada tahun 2001 dan yang dapat diambil sebagai laporan diri atau 360 derajat penilaian.
Kritik Seputar Kecerdasan Emosional.
Kritik telah berpusat pada apakah EI adalah nyata kecerdasan dan apakah
memiliki validitas inkremental atas IQ dan Lima Besar ciri kepribadian.
Kritik terhadap masalah pengukuran kecerdasan emosional :
- Kemampuan EI tindakan mengukur kesesuaian, bukan kemampuan
- Kemampuan EI tindakan mengukur pengetahuan (bukan kemampuan aktual)
- Kemampuan EI tindakan mengukur kepribadian dan kecerdasan umum
- Self-laporan tindakan rentan terhadap berpura-pura (tidak jujur)
- Klaim untuk daya prediksi EI terlalu ekstrim
EI, IQ dan prestasi kerja
Penelitian EI dan kinerja kerja menunjukkan hasil yang beragam: hubungan positif telah ditemukan di beberapa penelitian, orang lain tidak ada hubungan atau tidak konsisten satu. Hal ini menyebabkan para peneliti Cote dan Miners (2006) untuk menawarkan model kompensasi antara EI dan IQ, yang mengemukakan bahwa hubungan antara EI dan prestasi kerja menjadi lebih positif seperti penurunan kecerdasan kognitif, ide pertama kali diusulkan dalam konteks kinerja akademik (Petrides,
Kajian meta-analisis oleh Joseph dan Newman juga mengungkapkan bahwa baik EI Kemampuan dan EI Trait cenderung memprediksi kinerja pekerjaan yang lebih baik dalam pekerjaan yang membutuhkan tingkat tinggi tenaga kerja emosional (di mana 'tenaga kerja emosional' didefinisikan sebagai pekerjaan yang memerlukan tampilan yang efektif dari emosi positif). Sebaliknya, EI menunjukkan sedikit hubungan terhadap prestasi kerja dalam pekerjaan yang tidak membutuhkan tenaga kerja emosional. Dengan kata lain, kecerdasan emosional cenderung untuk memprediksi kinerja pekerjaan untuk pekerjaan emosional saja.
Sebuah penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa EI belum tentu sifat universal positif. Mereka menemukan korelasi negatif antara EI dan tuntutan kerja manajerial, sementara di bawah tingkat rendah tuntutan kerja manajerial, mereka menemukan hubungan negatif antara EI dan efektivitas kerja sama tim. Penjelasan untuk ini mungkin menunjukkan perbedaan gender dalam EI, karena wanita cenderung mencetak tingkat yang lebih tinggi daripada laki-laki. Ini furthers gagasan bahwa konteks pekerjaan memainkan peran dalam hubungan antara EI, efektivitas kerja sama tim, dan kinerja.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar